Keunggulan Finish Balancing – Masih banyak para pengguna kendaraan roda empat yang belum begitu tahu dan paham mengenai apa itu spooring dan balancing, nah untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit ilmu mengenai fungsi dan manfaat balancing saja, sebab untuk informasi mengenai spooring sudah pernah kami bahas beberapa waktu lalu.

Balancing adalah suatu pekerjaan yang dilakukan untuk menstabilkan atau menyeimbangkan putaran roda roda kendaraan yakni ban dan velg agar nantinya tidak timbul getaran yang mengganggu kenyamanan ketika mengemudi dan memperpendek usia pakai komponen kaki kaki mobil. Melakukan balancing ini wajib hukumnya bagi kendaraan roda empat, setidaknya tiap interval waktu per 10.000 km untuk mobil yang hanya digunakan didalam kota, atau per 5000 Km untuk kendaraan yang sering melalui medan jalanan yang kurang bagus seperti jalan jalan luar kota.

Perlu di ingat bahwa setir kemudi yang tidak terasa bergetar ini bukan berarti balancing rodanya sudah bagus dan tak perlu lagi dibalancing, bisa jadi getaran getaran dari putaran roda yang kurang stabil ini telah teredam oleh fleksibilitas dari sistem kemudi mobil yang bagus, terlebih lagi untuk mobil keluaran terbaru saat ini juga mengaplikasikan fleksibilitas kemudi.

Sehingga diperlukan melaju dengan kecepatan tinggi guna merasakan getaran yang timbul akibat tidak seimbangnya putaran roda ( tidak balan ) misalnya di kecepatan 100 km/jam keatas. Untuk getaran yang timbul akibat mobil melaju di kecepatan tinggi ini tidak bisa dihilangkan dengan proses balancing biasa, dan hanya mampu diatasi dengan melakukan Balancing OTC atau Finish Balancing.

Pengertian Finish Balancing

Finish Balance atau yang lebih dikenal dengan istilah On The Car Balance ini adalah salah satu metode untuk mengatasi setir mobil bergetar di kecepatan tinggi diatas 100km/jam. Sebab bila hanya dilakukan balance yang biasa tentu tidak akan bisa mengatasi hal ini.

Proses finish balancing ini berbeda dengan balancing model biasa, jika pada proses balancing biasa kita harus melepas roda roda mobil, kemudian memutarnya di mesin balancing untuk menyeimbangkan putaran roda, maka pada proses balancing on the car ini langsung dikerjakan pada mobil dimana roda roda nya masih terpasang ( tidak perlu lepas roda ), dengan demikian baik putaran ban, putaran velg, putaran rotor disc akan ditimbang dan dibalancing.

Pengerjaan finish balancing ini hanya ditujukan untuk kenyamanan berkendara di kecepatan tinggi, jadi jika anda menyukai kebut kebutan di jalanan tol dan tidak ingin setirnya terasa getar di kecepatan yang tinggi, maka finish balancing adalah solusinya.

Penting Untuk Dipahami

Jika ternyata setelah dilakukan finish balancing getaran masih terasa di setir kemudi mobil ketika dikendarai dalam kecepatan yang tinggi, bisa jadi dikarenakan kondisi ban yang kurang bagus, misalnya benjol, mengayun dan sebagainya. Atau bisa dikarenakan velg mobil yang cacat atau bengkok akibat terlalu sering menghantam lubang di jalanan, atau bisa juga diakibatkan karena adanya keausan pada sistem kemudi mobil, misalnya ball joint, tierod, long tierod yang telah mengalami kerusakan. Biasanya petugas balancing akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membalancing, sebab dalam melakukan finish balancing ini kondisi understeel, ban dan juga velg harus bagus.