Memberikan aksesoris tambahan dalam mobil sebagai bagian dari perawatan mobil kita. Banyaknya jenis aksesoris untuk mobil, terkadang membuat kita melupakan hal penting tentang fungsi utama dari aksesoris tersebut, seperti penggantian atau variasi knalpot mobil.

Pabrikan sengaja membuat knalpot standar agar tidak menimbulkan suara keras serta berisik. Untuk itu tak sedikit pemilik mobil yang memodifikasi knlapot standar asli bawaan pabrik dengan knalpot variasi aftermarket. Hanya ada dua jenis knalpot, yaitu knalpot standard dan jenis racing.

Wajib untuk diketahui, mengganti knalpot tidak asal ganti racing, mengingat fungsi utamanya sebagai sistem pembuangan/exhaust system dari mesin kendaraan. Agar dapat menambah tenaga, penggantian exhaust system aftermarket perlu didesain sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan.

Untuk mobil transmisi manual yang juga harus diperhatikan adalah semua bagian dari saluran gas buang, mulai dari header, downpipe atau manifold, resonator dan muffler hingga pipa pembuangannya. Knalpot variasi umumnya tersedia dengan ukuran 3 inci, 3,5 inci dan 4 inci. Pilih standard bahan yang bagus, seperti stainless steel agar lebih tahan lama dan tidak mudah berkarat.

Berbeda dengan mobil transmisi matic yang cukup dengan mengganti header-nya saja, dan disebut langsung terasa peningkatan performa mesinnya. Penggantian yang tidak tepat malah akan membuat tenaganya ngempos.

Jika ingin knalpot variasi yang dipasang benar-benar terasa perubahnnya memberikan tambahan tenaga, header yang dipakai juga harus diperhatikan dan sebaiknya saluran gas buangnya langsung ganti full satu set saja.

Mengenal Prinsip Tentang I/H/E (Intake , Header , Exhaust )

INTAKE

Penggantian intake ini dimaksudkan agar flow udara yg masuk ke saluran intake (intake manifold) menjadi lebih banyak volume-nya. dgn penambahan volume udara ini, maka kinerja pembakaran akan lebih optimal lagi karena semakin banyak-nya oksigen yg membantu pada proses pembakaran (masih ingat kan kalo proses pembakaran memerlukan oksigen – pelajaran kimia waktu sma…..hehehe). penambahan flow udara ini semakin optimal jika kondisi AFR (air flow ratio) terlalu rich, artinya terlalu banyak bahan bakar daripada udara yg masuk ke ruang bakar. Berarti ada kenaikan tenaga dong??? Jawabnya IYA , penggantian intake ini akan menghasilkan tambahan tenaga, tetapi besaran-nya ber-beda & tergantung dari karakteristik mesin itu sendiri & tuning-nya.

Ada beberapa tipe intake yg bisa diaplikasikan. yg pertama replacement air filter ato drop-in air filter. instalasinya sangat mudah dan cepat. loe cukup mencopot air filter standar-nya dari box-nya dan meletakkan drop-in air filter aftermarket ke dalam box. pemakaian replacement air filter ini dapat meningkatkan tenaga secara variatif antara 1 s/d 2 dk.

Tipe yg kedua adalah short ram air filter ato biasa disebut dgn open air filter. flow udara yg dihasilkan air filter jenis ini jauh lebih banyak dibandingkan drop-in air filter, sehingga memerlukan tuning yg tepat agar didapat hasil yg optimal. jika tidak, hal ini justru akan mengakibatkan penurunan tenaga di rentang rpm tertentu. instalasinya cukup rumit dan loe harus memposisikan ujung filter-nya sejauh mungkin dari efek panas di ruang mesin. biasanya ujung filter ditempatkan dekat headlamp dan diberi sekat untuk mengurangi efek panas di runag bakar. Untuk merk open air filter tertentu udah dilengkapi dgn box khusus. Kenaikan tenaga yg dihasilkan open air filter cukup besar, terutama merk-2 seperti hks, aem dan k&n. besaran-nya bervariasi antara 5 s/d 7.

Tipe yg ketiga adalah cold air intake. bentuknya sama dgn open air filter. air filter jenis ini cukup sadis dalam menghasilkan peningkatan tenaga, bisa sampe 10 dk @ the wheel. tetapi oleh karena posisi ujung filter-nya yg harus ditempatkan di bawah headlamp ato berdekatan dgn bemper depan bagian bawah (untuk mendapatkan udara dingin,sesuai namanya cold air intake , so air filter filter jenis ini rentan sekali terhadap water hammer pada saat melintasi jalan basah ato banjir.

Kesimpulan:

– replacement air filter sangat baik untuk pemakaian mobil sehari-hari. karena posisinya di dalam box filter, so tidak rentan kotor & tidak kena efek panas di ruang mesin. harganya bervariasi tergantung merk. berkisar antara 100 ribu s/d 500 ribu.

– open air filter kurang cocok untuk pemakaian mobil sehari-hari. karena kondisi udara di indonesia yg berdebu, filter jenis ini cepat kotor dan musti rajin-2 nge-bersihin. tetapi kalo kenaikan tenaga yg jadi prioritas, silakan pake open air filter. harganya bervariasi antara 1 juta s/d 2 juta.

– besaran kenaikan tenaga bervariasi tergantung karateristik mesin & tuning.

– hukum termodinamika menyebutkan bahwa semakin dingin udara yg masuk ke mesin, semakin besar tenaga yg dihasilkan mesin. kenaikan tenaganya kira-2 1 dk setiap penurunan suhu 7 derajat.

HEADER

Komponen yg satu ini termasuk salah satu doping tenaga yg cukup bagus. tujuan dari penggantian header ini adalah agar saluran gas buang yg keluar dari exhaust manifold menjadi lebih lancar. untuk mesin 4 silinder inline, konfigurasi header yg biasa digunakan adalah 4-1 dan 4-2-1. kedua model ini mempunyai karakter yg berbeda. untuk model 4-1 punya karakter bermain di rpm tinggi sehingga header ini cocok buat balap yg cenderung bermain di rpm tinggi ato loe-2 yg suka nge-bejek gas mendekati redline. header 4-1 akan memaksimalkan tenaga di putaran atas.

Untuk model 4-2-1 punya karakter bermain di rpm rendah s/d menengah sehingga header ini cocok buat daily use di lalu-lintas yg padat, stop and go. kenaikan tenaga yg dihasilkan dgn penggantian header ini bervariasi antara 5 s/d 10 dk.

Ukuran diameter header yg ideal (referensi dari dc sport header) adalah 1.375 inci s/d 1.75 inci dan ukuran diameter collector-nya adalah 2 inci s/d 2.5 inci. header yg bagus adalah yg mandrel bent, material & finishing-nya bagus (seperti contoh pada gambar). untuk modcom-er yg pengen bikin header custom, bisa mengambil referensi gambar di atas ttg mandrel bent dan ukuran-nya.

EXHAUST

Untuk memaksimalkan kinerja dari header dan memperlancar lagi aliran gas buang, perangkat yg satu ini menjadi menu wajib untuk modifikasi stage 1. untuk mendapatkan hasil yg maksimal, cat-back exhaust harus mandrel bent, material dan finishing-nya bagus. kenaikan tenaga yg dihasilkan bervariasi antara 5 s/d 8 dk . harga sebuah cat-back exhaust berkisar antara 1 juta s/d 10 juta (tergantung merk).

Kesimpulan :

setelah modifikasi stage 1 tsb udah dilakukan, hal-2 yg perlu dilakukan selanjutnya adalah :

– tuning AFR agar didapat rasio campuran bahan bakar & udara yg ideal. jika mobil loe belum dipasang piggyback (khusus injeksi), tuning AFR dapat dilakukan dgn cara sederhana yaitu dgn penyetelan nilai CO dan lambda. nilai lambda yg ideal adalah 1,000.

– untuk mendapatkan hasil yg lebih optimal lagi, loe perlu menyegarkan kembali mesin mobil loe, maksud-nya loe musti melakukan hal-2 seperti ganti oli mesin, filter oli, filter bensin, bersihin throttle body, bersihin injektor (untuk mobil injeksi), kuras air radiator & kuras tangki bahan bakar. dari info yg pernah gw dapat, perawatan rutin yg gw maksud tsb terbukti cukup ampuh meningkatkan tenaga sebesar 2 dk .

– pake bahan bakar dgn kualitas yg bagus dan RON yg lebih tinggi dari standar yg ditentukan oleh pabrikan-nya. Misalnya, kalo mobil loe cukup dgn pake bahan bakar RON 88, coba pake yg RON 92 sehingga ignition timing bisa dimajukan & tenaga bisa lebih maksimal.

 

Dibawah ini ada bebrapa merk Knalpot yang biasa di pakai dan banyak beredar di pasaran dan sudah banyak dikenal oleh Modifikator dan tentunya sudah Bolt On atau Plug and Play ( PnP )

  1. Mugen(Japan)

Nah ini dia merek ternama yang memang identik dengan Honda, ibarat Toyota dengan TRD-nya. Tidak terlalu banyak Mugen Exhaust yang masuk Indonesia, SS Performance Bandung salah satu yang memasukannya. Bentuknya mirip dengan orisinalnya (pada kasus Jazz GE), namun tentu tenaganya bertambah. Harga mulai 5 jutaan.

  1. HKS (Japan)

Ada dua tipe, Hi-Power dan Silent. Tipe Silent memiliki pipa berlapis chrome hingga sambungan untuk pipa knalpot mobil belakang, sementara Hi-Power pipa belakangnya berwarna hitam doff. HKS merupakan merek yang paling banyak tiruannya, baik knalpot maupun printilannya seperti air filter, volt stabiliser, oil cap .Suaranya serak serak basah, sementara Silent – jangan terpancing namanya – hanya sedikit lebih senyap saja dari Hi-Power. Harga baru: mulai dari 4 jutaan

  1. Fujitsubo (Japan)

Ini dia exhaust yang  sempat happening berat di kalangan komunitas Jazz sekitar tahun 2007 bahkan copotannya pun ditungguin. Fujitsubo terkenal akan suaranya yang halus dan memenuhi standar suara dari negara Jepang (JASMA). Namun meskipun suaranya paling halus diantara yang lain tidak berarti tenaganya tertahan.Fujitsubo yang beredar saat itu ada beberapa tipe, yang sering digunakan adalah tipe Legalis dan Wagolis. Si Kuro sempat cukup lama memakai si Legalis. Ada juga tipe cat back alias full system dengan tipe Power Getter yang mendongkrak tenaga cukup signifikan. Harga baru mulai dari 4 jutaan.

  1. Spoon (Japan)

Dari sisi brand, Spoon dapat dikatakan yang paling familiar setelah HKS. Brand dengan lambang angsa ini mempunyai bentuk yang mungkin biasa saja, cenderung konservatif, namun output yang dihasilkannya bisa dipertanggung jawabkan, hanya kalah oleh J’s Racing Titanium.Sayang suara dengungannya masuk hingga ke kabin, bagi yang sensitif dapat membuat kepala pusing. Spoon juga sudah banyak replikanya di pasaran. Harga baru: mulai dari 4 jutaan

  1. J’s Racing (Japan)

Ini dia yang jadi inceran banyak modifikator, modelnya mungkin cenderung biasa saja, namun suaranya mantap dan hasil kenaikan powernya paling signifikan diantara bolt on yang lain. J’s Racing Titanium yang ringan dapat menaikkan tenaga hingga 5 hp sendiri.. Sementara tipe stainlessnya kurang digemari karena lebih berisik dan berat.Harga sekennya pun bisa 4-5 jutaan tergantung kondisi..  Harga baru 5-8 jutaan.

  1. Greddy/ Trust (Japan)

Merek Greddy/ Trust lebih dekat ke Mitsubishi, namun bukan berarti mereka tidak menyediakan untuk merek lain. Tipe Beat Max Ti dengan titanium tip menjadi pilihan untuk dipasang pada mobil kita. Mengapa? Simple, modelnya dan ternyata suaranya juga pas, kering, parau namun tidak menggelegar ketika digeber. Harga baru sekitar 4 – 5 jutaan.

  1. Kakimoto (Japan)

Jangan merasa bersalah jika belum pernah mendengar merek ini, karena memang kalah nama dibanding merek lain hehe. Namun produk Kakimoto pun sebenarnya bagus-bagus. Cocok bagi yang anti mainstream.Namun mirip-mirip Spoon, dengungannya masuk ke dalam kabin. Harga baru mulai dari 4 jutaan

  1. Jitsugen (Lokal) dan Kansai (Lokal)

Bagi pencinta produk lokal, ada dua nama produk asli Indonesia, yang pertama adalah Jitsugen dari Ruang Kencana Knalpot (RKK) dan Kansai, nama produk yang dibuat oleh Standar Adi Knalpot. Keduanya terutama nama yang disebut terakhir sudah terkenal juga di dunia modifikasi exhaust.

 

Semoga bermanfaat…