Sebagian orang lebih senang menggunakan mobil dengan transmisi otomatis dibandingkan transmisi manual karena penggunaannya dirasa lebih mudah. Hal ini tidak mengherankan sebab salah satu keuntungan mobil dengan transmisi otomatis memiliki kemudahan dalam pengoperasiannya karena tidak memiliki pedal kopling.

Kemudian, pengertian transmisi otomatis itu sendiri adalah transmisi dengan gigi-gigi yang bisa melakukan perpindahan sendiri atau otomatis berdasarkan pada beban mesin yang berasal dari besarnya tekanan gas pedal dan kecepatan kendaraan itu sendiri. Pengoperasiannya berbeda dengan transmisi manual yang memerlukan perpindahan gigi dengan memakai tuas pemindah gigi.

Terdapat dua jenis transmisi otomatis yang banyak digunakan masyarakat Indonesia yaitu Transmisi AT – Torque Converters dan Transmisi CVT. Walaupun banyak digunakan masyarakat Indonesia namun masih banyak yang belum bisa mengetahui perbedaan mobil CVT dan AT. Jika Anda ingin mengetahui perbedaan mobil CVT dan AT Anda bisa simak infonya di bawah ini:

Mobil Transmisi Otomatis CVT (Continuously Variable Transmission)

Transmisi otomatis pertama yang akan dibahas adalah mobil transmisi otomatis CVT. Transmisi yang satu ini menggunakan perangkat puli dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi. Transmisi jenis CVT dapat melakukan perubahan gigi rasio menyesuaikan dengan putaran mesin.

Hal ini membuat mobil yang menggunakan transmisi otomatis CVT, perpindahan gigi sangat halus dan terkadang tidak terasa oleh pengemudi. Selain itu, hentakan saat perpindahan gigi juga sangat kecil. Kelebihan lain dari mobil transmisi otomatis menggunakan CVT, pengemudi tidak memerlukan RPM tinggi, untuk mendapatkan tenaga besar, tentunya dengan pemakaian normal seperti di dalam kota.Kemudian perbedaan mobil CVT dan AT lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis AT, karena RPM mobil yang cenderung jarang tinggi. Beberapa contoh mobil dengan transmisi CVT yang ada di Indonesia seperti, Toyota Prius Hybrid, Honda Mobilio dan All New Camry. Sebagian besar mobil Hybrid, telah menggunakan transmisi CVT, karena lebih halus dan irit bahan bakar.

Beberapa hal yang harus diketahui untuk pemilik mobil yang menggunakan transmisi ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk transmisi manual, tidak disarankan untuk meletakkan tangan di tuas persneling karena akan memberikan tekanan berlebihan pada Syncromesh. Tapi hal ini tidak terjadi pada transmisi matik CVT, jadi pengemudi bebas meletakkan tangannya di tuas persnelling.
  2. Ketika posisi mobil berhenti pengendara tidak perlu untuk menetralkan (N) kendaraannya karena tidak akan membahayakan system transmisi tersebut.
  3. Pengendara tidak disarankan untuk menahan mobil di tanjakan dengan gas, karena akan membuat system CVT tidak bertahan lama. Ketika berhenti di tanjakan sebaiknya ditahan dengan rem.
  4. Bagi yang suka menginjak pedal gas poll, hal ini dapat dilakukan pada transmisi CVT dan tidak akan merusak komponen.
  5. Pengemudi tidak perlu memasukkan posisi netral ketika jalan turunan panjang. Hal ini tidak akan berdampak apapun pada efisiensi BBM maupun sistem transmisi.
  6. Jangan menahan mesin pada RPM tinggi ketika memasukkan ke posisi DRIVE (D) dari posisi netral, karena akan merusak sistem transmisi.
  7. Selalu tunggu sampai mobil benar–benar berhenti ketika mau mengganti arah MAJU (D) atau MUNDUR (R).
  8. Untuk kondisi macet, transmisi CVT aman digunakan untuk maju sedikit demi sedikit (INCHING) jadi tidak perlu khawatir dapat merusak system CVT.
  9. Untuk mobil yang dilengkapi system triptronic, mengganti gigi pada posisi apapun aman untuk transmisi, tapi yang harus diperhatikan ketika menurunkan gigi di RPM tinggi karena hal ini memiliki kemungkinan untuk merusak piston rod.

Mobil Transmisi Otomatis AT Torque Converters

Transmisi otomatis yang kedua adalah mobil transmisi otomatis AT Torque Converters. Transmisi otomatis yang satu ini menggunakan 3 komponen utama yaitu torque converters, planetary gear set, hydraulic control unit. Setiap komponen memiliki perannya masing-masing. Pengubah torsi (Torque Converters) terdapat pada mobil transmisi AT, sedangkan pada mobil transmisi manual terdapat kopling. Antara kedua alat ini, memiliki tujuan yang sama dengan cara kerja yang berbeda.Kemudian perbedaan utama antara transmisi manual dan transmisi otomatis, pada transmisi manual perpindahan gigi dilakukan oleh pengemudi dan pada transmisi otomatis, perpindahan gigi dilakukan oleh seperangkat gigi(Planetary Gear Set) yang menghasilkan rasio gigi  yang berbeda-beda.Fungsi dari Hydraulic Control Unit adalah mengontrol kopling, pada mobil transmisi manual kopling dikontrol oleh pengemudi, sedangkan pada mobil transmisi otomatis AT, dikontrol oleh Hydraulic Control Unit.

Kesimpulan

Perbedaan mobil CVT dan AT terdapat pada tarikan transmisi, pada transmisi CVT tarikan lebih terasa halus, sebab tidak ada hentakan akibat perpindahan transmisi. Kemudian, Pada transmisi CVT, ketika pedal gas Anda angkat setelah melakukan akselerasi untuk menyalip, Anda tidak perlu menekan gas terlalu banyak karena kecepatan mobil masih terjaga.Selain itu perpindahan gigi yang halus, membuat mobil CVT dalam perpindahan gigi sedikit mengalami penurunan RPM mesin. Tentunya hal ini membuat transmisi CVT lebih irit bahan bakar, dibandingkan dengan transmisi AT.Sedangkan kalau di transmisi otomatis AT, performa akselerasi lebih bagus dari CVT, selain itu biaya perawatan lebih murah. Hanya saja hentakan perpindahan gigi masih terasa. Untuk engine brake transmisi AT tidak sebagus CVT.

Itulah beberapa perbedaan mobil CVT dan AT. Setiap jenis transmisi otomatis memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, jadi jika Anda ingin memilih mobil dengan transmisi otomatis harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Dan semua transmisi matik memiliki oli transmisi yang harus diganti sesuai petunjuk produsen mobil, untuk pengguna mobil bertransmisi matik yang sudah berumur (di atas 100.000km) sebaiknya menganti oli transmisi lebih cepat dari petunjuk produsen mobil (contoh per/20.000km), untuk menjaga umur part lebih lama.

ARTIKEL TERKAIT :

10 Cara Mengemudikan Mobil Transmisi Matic Dengan Benar dan Lancar