Kadang kita meremehkan hal-hal kecil, seperti abai terhadap perawatan aki dengan baik. Meski aki itu sendiri akan melakukan pengisian ulang saat mobil dinyalakan, namun, pengisian tidak akan terjadi, jika Anda tidak mengetahui proses kerja alternator.

Sebab, tenaga aki akan terkuras penuh saat Anda melakukan starter .Untuk mengembalikan tenaganya kembali, mobil tidak hanya sekadar dipanaskan saja, namun wajib dibawa jalan dengan putaran mesin tertentu agar alternator tetap melakukan pengisian. Hal ini, berlaku untuk mobil yang jarang digunakan.

Waktu pengisian itu akan terjadi jika putaran mesin itu stabil. Jadi usahakan kalau macet pun jangan terlalu Idle (diam), jadi sesekali mainkan gas. Sebaiknya setiap satu minggu sekali mobil dipanaskan dan harus dibawa jalan dengan putaran mesin 1.500 rpm sampai 2.000 rpm.

Aki atau baterai menjadi salah satu sumber listrik utama pada mobil. Jika komponen ini bermasalah atau bahkan habis arus listriknya, maka mesin dan perangkat pada mobil bakal sulit dinyalakan.Aki menjadi komponen vital pada mobil, dan jika bermasalah bukan tidak mungkin akan mengganggu rencana perjalanan Anda.

Ada tiga cara mudah yang sebenarnya bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengetahui kondisi kesehatan aki kendaraannya. Apa saja yang perlu dilakukan ?

  1. Mesin susah hidup

Aki yang ngadat membuat bunyi ‘cetak-cetek’ saat kunci mobil diputar ke posisi start, bahkan pada kondisi terburuk tidak terdapat bunyi sama sekali saat kunci kontak mobil diputar. Pada kondisi aki normal, listrik dari aki akan mengalir ke dinamo starter mobil untuk membantu menyalakan mesin.

 

  1. Perhatikan lampu peringatan di dasbor

Saat memutar kunci kontak dalam kondisi normal, maka lampu-lampu indikator akan menyala. Sebaliknya, jika kondisi aki lemah, lampu indikator jadi redup atau bahkan mati.

  1. Suara klakson melemah

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan menekan klakson. Tekan dan tahan klakson, lalu putar kunci kontak ke posisi starter. Jika aki lemah, akan mengakibatkan suara klakson melemah bahkan tidak bersuara sama sekali.

Jika sudah melakukan ketiga hal tersebut, dapat dipastikan bahwa salah satu penyebab terbesar mobil ogah nyala karena baterai atau akinya sudah lemah. Agar mobil hidup, dapat dilakukan dengan cara memancing ( Jumper ) aki yang lemah tadi untuk kondisi darurat.

Jika dengan cara jumper arus aki tidak berhasil, maka jalan terbaik adalah dengan mengganti aki dengan yang baru.

 

Akan tetapi mengganti aki mobil tidak boleh sembarangan, khususnya bagi mobil yang mengadopsi teknologi injeksi dengan ECU, atau Engine Control Unit sebagai otak utamanya. Sebab, jika asal-asalan mengganti aki, ECU akan meriset ulang dan beberapa fitur di mobil justru akan eror.

Ada dua cara untuk mengganti aki mobil modern. Jika mobil masih bisa starter, mengganti aki dalam posisi menyala. Sebab, kalau dalam kondisi mati, lalu kabel positif atau negatif dilepas, ECU akan meriset ulang.

Setelah itu terminal positif negatif dilepas, dengan kondisi mesin nyala. Tetapi, aksesoris seperti AC, audio semua mati, lampu mati. Dan, itu dilepas kurang lebih 10 sampai 20 detik, jangan terlalu lama, dan langsung pasang yang baru.Apakah tidak ada arus pendek yang menimbulkan percikan api, jika mobil menyala aki dilepas begitu saja? Selagi enggak kena bodi, pasti aman. Biasanya dikerjakan oleh dua orang kalau mau aman, tetapi kalau sudah ahli bisa satu orang sudah cukup.