PR Sukun

PR SUKUN adalah sebuah perusahaan rokok besar yang lokasinya berada di kota KUDUS Jawa Tengah. Sejak tahun 2013 PR Sukun adalah sponsor utama untuk POC ID Central Java Chapter yang mensupport kegiatan POC ID CJC baik bersifat sosial kemasyarakatan maupun kegiatan touring dalam mempromosikan kepariwisataan Indonesia

Tentang PR SUKUN

Berawal dari klobot, salah satu jenis rokok khas Indonesia yang terbuat dari kulit jagung sebagai pembungkus tembakau, Pabrik Rokok Sukun kini telah dikenal sebagai salah satu dari sedikit perusahaan rokok nasional yang bertahan dengan identitas dan kekuatannya sebagai rokok yang mengandalkan ciri khas kelokalannya dan berakar pada tradisi. Hal ini bisa dilihat dari jenis rokok yang diproduksi PR Sukun, yang layaknya sebuah perjalanan rokok Indonesia.

Kisah perjalanan PR Sukun tak akan pernah bisa dilepaskan dari sosok Mochamad Wartono, yang kemudian lebih kerap disapa Mc. Wartono. Beliau dilahirkan di desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, pada tahun 1920,

Mc. Wartono untuk mendirikan perusahaan rokok. Pada 1947, Mc. Wartono mulai memproduksi rokok klobot dan sigaret secara sederhana dengan merek Siyem. Hanya dengan tenaga pekerja sebanyak 6-10 orang, ternyata usaha ini berkembang pesat. Pada tahun 1950, Mc. Wartono mulai memproduksi merek rokok “SUKUN”. Merek baru ini ternyata mendorong laju perusahaan yang ditandai dengan didirikannya bangunan-bangunan baru di sekitar rumah Mc. Wartono sebagai tempat produksi rokok. Pada tahun 1960, beliau mendirikan gedung dua tingkat yang hingga kini menjadi pabrik utama, menyusul pendirian bangunan-bangunan lainnya seiring meningkatnya jumlah produksi rokok Sukun.

Pada perjalanan selanjutnya, PR. Sukun yang semakin berkembang pesat bersama tiga anak perusahaan lainnya.Sebagai sebuah perusahaan keluarga, bertahannya PR. Sukun hingga saat ini di mana generasi ketiga – yaitu cucu-cucu Mc. Wartono – ikut andil dalam pengelolaan perusahaan, memperlihatkan sebuah sinergi dan kekompakan yang dihasilkan dari didikan almarhum Mc. Wartono dan Sutarsih kepada keturunannya untuk selalu memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar dan lingkungannya.

VISI PR SUKUN

Konsumen

Memberikan produk dan jasa terbaik di seluruh titik jaringan distribusi yang kami miliki.

Karyawan

Mengembangkan, memotivasi, dan memberikan penghargaan yang layak bagi karyawan yang memiliki kompetensi, karakter, dan dedikasi bagi perusahaan; menyediakan lingkungan kerja yang kondusif dan menjamin kesejahteraan; serta memberikan ruang bagi perkembangan profesionalitas.

Masyarakat dan Komunitas

Secara berkelanjutan dan aktif, mendukung aktivitas sosial ekonomi yang meningkatkan serta mengembangkan kualitas hidup masyarakat.

MISI PR SUKUN

MISI ini dijalankan untuk mencapai VISI kami sebagai perusahaan yang:

  • Mengedepankan inovasi

  • Menjaga nilai-nilai tradisi Nusantara

  • Menjaga keseimbangan dan keharmonisan antara manusia dan alam

  • Memberikan kepuasan produk dan jasa bagi konsumen

  • Menjadi terdepan dalam industri rokok di Indonesia.

 

PR. Sukun beralamat di Jl. Raya PR Sukun no 1 Gondonsari Gebog , Kudus 59354 Jawa Tengah.

Gebog adalah sebuah Kecamatan di Kabubaten Kudus , di kaki gunung Muria. Puncak tertinggi gunung Muria adalah puncak Saptorenggo dan berada di wilayah kecamatan ini.

Kecamatan Gebog mempunyai penduduk sejumlah 88.607 jiwa (2007), yang terdiri atas 43.872 jiwa laki-laki dan 44.735 jiwa perempuan, dengan tingkat kepadatan penduduk 1.637 km/jiwa.

Mayoritas penduduk desa di wilayah Kecamatan Gebog berpfofesi sebagai buruh pabrik, buruh tani dan pedagang. Komoditas pertanian yang banyak dikembangkan di wilayah kecamatan Gebog antara lain kopi, teh, coklat, padi dan buah-buahan