Seperti yang sudah kita ketahui Laka Lantas dijalan raya banyak yang berawal dari pecah ban. Hal itu memungkinkan pengemudi yang kurang paham menjadi shock dan langsung menginjak pedal rem.

Oleh karena itu, Kondisi pecah ban merupakan kejadian yang telah berulang kali terjadi dan kondisi ini diperparah lagi dengan reaksi pengemudi yang salah, yaitu menginjak pedal Rem karena berharap mobil secepatnya berhenti dari selip pecah ban.

Hal yang perlu pengemudi lakukan ketika terjadi pecah ban adalah tidak panik sehingga bisa berpikir lebih rasional untuk mengambil sebuah tindakan. Beberapa tips agar kecelakaan di jalan raya karena pecah ban dapat dihindari atau paling tidak dikurangi dampak dari kecelakaan tersebut.

TAHAN KEMUDI

Buatlah setir tetap ke arah depan. Memang kondisi arah mobil akan berubah ke arah bagian ban yang pecah dan upayakan agar arah mobil lurus ke depan. Hal ini untuk mengantipasi terjadinya roll over atau terbalik.

 

TIDAK MENGINJAK REM

Menginjak rem berakibat akan menyebabkan mobil terbalik karena terjadi cengkraman yang tidak seimbang antara bagian ban yang pecah dengan ban yang masih normal.

 

TIDAK MENGINJAK /MENAHAN PEDAL GAS

Hal ini akan membuat kendaraan menjadi liar karena kecepatan kendaraan tidak berkurang , Ingat! Ini kondisi sepersekian detik yg melibatkan kondisi fisik, fokus dan kontrol pengemudi.

 

TIDAK MENGINJAK PEDAL KOPLING PADA MOBIL MANUAL

Karena akan menghilangkan fungsi engine brake sebagai unsur yang memperlambat laju kendaraan.

 

JANGAN MENURUNKAN GEAR KE RENDAH

Karena sudah ada fungsi engina brake yg melakukan perlambatan secara gradual. Lebih baik fokus menyeimbangkan kendaraan ke jalurnya.

 

Bagaimana agar pecah ban tidak berakibat fatal? Tips sebagai berikut :

  1. Rawat ban, salah satunya jaga tekanan angin sesuai dgn tire placard.
  2. Jaga kecepatan aman, pikirkan resikonya.
  3. Fokus mengemudi dan bersiap menghadapi kondisi yg tidak terduga ( cuaca atau faktor lainnya )

Artikel yang terkait :

Pentingnya Rotasi Ban Pada Mobil Kita

Pentingnya Tekanan Udara Pada Ban Mobil Kita

Keuntungan Isi Tekanan Angin Ban Menggunakan NITROGEN (N2)